Proses Laundry
video kali ini kita akan membahas Bagaimana proses laundry yang benar tentang sebelum-sebelumnya kita sudah bikin video apa aja yang harus kita siapkan sebelum membuka usaha laundry dari tempat perlengkapan laundry-nya bahkan dari marketingnya, sudah kita obrolin!!
Nah untuk kali ini kita akan bahas apa aja sih proses dari laundry itu sendiri, dimulai dari penerimaan tamu. kemudian pencucian.., penggosokan…, hingga ke finishing.. dan yang terakhir adalah penyerahan kepada Customer.. semuanya harus ada SOP , Jadi gak bisa sembarangan..
Sop Laundry
nah sopnya itu apa aja?? kita bisa langsung bahas. proses laundry kiloan yang pertama adalah:
penerimaan customer atau pembuatan nota
tahap penerimaan customer atau pembuatan nota itu ini sangat menentukan sekali dari kita bakalan dapet value yang besar atau tidak dari customer itu sendiri..
pertama yang harus kasir lakukan adalah memberikan sapaan- sapaan ramah kepada customer… itu sangat penting!!
jadi bisa dengan menyebut namanya, contoh namanya bu susi.. selamat pagi bu susi..
itu akan memberikan kedekatan emosional kepada customer iyu sendiri..
kita ambil pakaian yang mau dilaundry, pastikan customer melihat apa yang kita lakukan
Nah sekarang kan lagi Masa Pandemi, jadi sebaiknya itu tidak dihitung di awal, karena sangat beresiko untuk kesehatan kita sendiri dan
kalau Saya menyarankan untuk menghitung pakaian di masa COVID 19 ini, itu bisa menghitung pada saat keluar dari mesin pengering, cuman pastikan pakaian itu benar-benar terjaga dan ndak tercampur dengan yang lain
Nah kalau dimasa COVID seperti ini apa yang bisa kita lakukan.. itu kita bisa sampaikan ke customer secara baik-baik bahwa demi keselamatan kita memang menjalankan SOP menghitung setelah keluar dari mesin pengering…
nah Apa yang harus kita lakukan pada saat pembuatan nota Kita kan nggak tahu tuh di dalamnya Apakah ada satuan atau tidak…
itu sebaiknya itu kita sampaikan ke customer dan kita tanyakan Apakah di plastik kantong plastik ini ada pakaian satuan yang perlu kita pisah dan perlu kita treatment sendiri,
jadi tidak dimasukkan kiloan. itu wajib kita tanya dan seandainya ada customer yang tidak mau ngejawab atau mereka menjawab itu kiloan semua?
kalo begitu, ya sudah kita buatkan Nota dulu…
kiloannya tapi sebelum lupa itu selesai kita buat kita harus sampaikan ke castomer bahwa pada saat proses nanti jika ditemukan satuan, kita mempunyai hak untuk merubah isi nota.
jadi ini sudah menjadi kesepakatan…
nota sendiri itu ada dua macam:
yang pertama adalah pembuatan nota secara manual
dimana kita masih menggunakan kertas- kertas manual
kemudian kita tulis di pulpen itu kita harus menulis dengan lengkap juga..
Namanya siapa Alamatnya di mana, nomor teleponnya berapa, kemudian kiloannya Berapa, jumlah potongnya… itu bisa disampaikan atau bikin tulisan catatan kecil penghitungan setelah Proses pengeringan, kemudian nominalnya berapa? itu harus lengkap…
dan jangan lupa untuk nota manual, karena semuanya masih manual.. itu wajib memindahkan ke buku orderan dan buku keuangan.
jangan lupa karena itu penting banget…
nah untuk nota manual sendiri biasanya kita buat itu ada tiga rangkap…
- rangkap yang pertama itu kita serahkan ke customer
- yang kedua itu di pakaiannya atau di keranjang pakaian kotor dan
- yang ketiga itu kita simpan untuk file
Kalau saya sendiri Memang ada file kertasnya tapi saya selalu mewajibkan karyawan saya mencatat di buku orderan
Nah untuk cara yang kedua,
nota bisa menggunakan aplikasi
jadi digital yang sudah saya gunakan sekarang itu menggunakan smartlink dan ada aplikasi satu lagi yang itu juga rekomen banget dan akan digunakan oleh Klien saya family laundry di daerah Ciawi
dan untuk pembuatan nota secara digital yang diaplikasi bentuknya seperti ini :
oke setelah nota itu dibuat, kita pastikan ke costumer sudah menerima notanya, entah itu nota manual maupun nota digitalnya…
kita masuk ke proses yang kedua yaitu :
proses pencucian..
proses pencucian itu pastikan pakaian itu tidak tercampur atau tidak tercecer sama sekali…
jadi bener-bener satu customer satu mesin dan kalau perlu itu yang mengerjakan adalah satu orang juga (di proses pencucian)
Jadi jangan sampai dikerjakan oleh 2/3 orang…
pada saat masuk di proses pencucian, itu harus dipilah-pilah
mana pakaian luntur. mana pakaian yang putih dan mana pakaian yang berwarna
jadi pastikan pakaian itu tidak tercampur antara pakaian berwarna dengan pakaian putih
dan kalau di loundry kiloan itu biasa memang tidak begitu harus ada treatment atau spotting macem-macem..
Tapi akan lebih bagusnya… ketika kita meskipun laundry kiloan, tapi memberikan layanan special ke customer
seperti yang dilakukan sama kucek laundry, Jadi kalau kucek laundry, meskipun itu laundry kiloan.. pakaian yang putih disendirikan, pakaian berwarna disendirikan, pakaian yang luntur disendirikan
nah jika ada pakaian diantara pakaian itu ada yang kotor biasanya di bagian kerah itu di treatmen dulu.. di spotting dulu sama karyawan, baru masuk kedalam mesin cuci
sehingga pada saat masuk mesin cuci itu pakaian sudah tidak ada noda yang membandel nya…
Nah itu untuk proses pencucian…
proses pencucian sudah selesai, masuk ke proses yang ketiga yaitu:
proses pengeringan
Nah nanti pada saat pengeringan itu juga diperhatikan lagi, itu ada pakaian yang ada berbahan karet atau tidak.
atau berbahan yang memang tidak boleh masuk kedalam mesin pengering
itu sebaiknya di hindari jangan sampai masuk kedalam pengering
gimana nih Siasatnya?? kalau ada pakaian yang (itu kiloan ) tapi ternyata ada karetnya.. dan tidak bisa masuk ke dalam mesin pengering
nah solusinya adalah itu di packing dulu ya… ditembak atau di di taging (dinamain pakaiannya) dan dilabeli nama dan nomor nota
itu untuk mengurangi resiko Tertinggal pakaian dan setelah itu di taging itu bisa kita jemur di angin-angin dan
kalau di laundry kucek laundry, di laundry saya itu mewajibkan karyawan menulis apapun kegiatan
jadi seandainya pakaian atas nama bu Susi tadi memang ada satu pakaian yang tidak bisa masuk ke dalam mesin pengering itu Biasanya dicatat di buku catatan atau buku jurnal
jadi bagian pencucian wajib mempunyai buku jurnal atau buku status ya
Jadi apa yang dikerjakan itu selalu dicatat di buku jurnal itu tadi..
Nah nanti setelah Proses pengeringan sudah selesai, kita masuk ke proses yang ke-4 yaitu:
proses penggosokan
nah gosok sendiri, itu kita menggunakan setrika uap yang aman sekali dari yang namanya lengket, terbakar, seperti itu!!
dan kalau setrika uap sangat aman sekali ya… dan pengerjaannya juga sangat cepat
sebelum disetrika itu sebaiknya pakaian di balik dulu yah..
(di balik balikin) dan
kalau saya mengajarkan karyawan saya itu memisahkan berdasarkan itemnya
jadi kemeja kemeja, kaos kaos celana-celana, itu dipisah…
itu sangat membantu dalam kecepatan menggosok
karena kalau kita pisah-pisah kemeja, kaos, celana itu rutenya sudah terarah
apa yang mau dikerjakan itu sudah terarah!
Nah setelah masuk ke dalam proses yang keempat yaitu proses penggosokan
yang kelima adalah:
proses finishing (packing)
nah packing, Kalau di tempat kami (dikucek laundry) itu mewajibkan pakaian Sudah benar-benar dingin
jadi itu untuk mengurangi lembab dan bau apek
Jadi kalau baru selesai digosok di setrika uap itu kan panas ya..
panas lembab kalau kita langsung Packing itu biasanya pakaian akan berbau apek, meskipun kita menggunakan parfum laundry yang gradenya super , tetep akan terjadi bau apek
solusinya Pastikan pakaian itu sudah benar-benar dingin kemudian baru di packing…
dan satu hal lagi kalau di kami, dikucek loundry dan teman-teman kalau mau praktekin juga boleh…
selain diproses pencucian, pengeringan.. itu
kita juga ada buku jurnal atau catatan jurnal itu di bagian packing
packing mewajibkan mencatat apapun yang di packing dan seandainya ada kurang atau apa, itu saya mewajibkan untuk mencatat di buku Jurnal
jadi memastikan bahwa pakaian itu sudah sesuai dengan jumlah yang ditentukan di awal, sudah sesuai dengan SOP yang kita tentukan di awal
dan keempat proses tadi itu dari proses penerimaan kastamer, pencucian terus yang ketiga adalah pengeringan, yang keempat adalah gosok, yang kelima adalah finishing, dan yang terakhir adalah :
proses pengiriman atau proses pengambilan ke customer
itu saya (layanan di kami) itu tercepatnya adalah lima jam
dan begitu barang itu selesai itu kita mewajibkan untuk langsung menghubungi customer
dan kalau yang sudah menggunakan aplikasi itu enak, ketika kita selesaikan order maka settingan itu akan otomatis mengirim WhatsApp ke kastamer
cuman memang saya tidak mensetting itu karena saya ingin membiasakan karyawan saya untuk disiplin dan ada komunikasi secara emosional terhadap customer
jadi customer dihubungin bahwa pakaiannya sudah selesai…
nah pada saat kita menghubungi itu (kalau di kami) mewajibkan penawaran kepada customer.. Apakah pakaian mode ambil sendiri atau mau kita kirim…
Jadi kalau seandainya customer mau minta dikirim itu kita langsung jadwalkan…
nah oke itu tadi enam proses laundry yang benar.. jadi teman-teman bisa langsung praktekin dan semoga bermanfaat
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
sumber:
As found on YouTube